DARBIYAH ALHINTEC 2024

بسم الله الرحمن الرحيم

والحمد لله والصلاة والسلام على من لا نبي بعده وعلى آله وصحبه ومن تبع هداه إلى يوم القيامة وبعد

AL BINAA PUTRI – Dengan diiringi  segala puji dan syukur kepada Allah Robbul Izzah. Alhamdulillah satu program inti bahkan unggulan di Pesantren Al Binaa Putri yaitu DARBIYAH (دَوْرَةُ اللُّـغَةِ الْـعَرَبِيَّةِ) & ALHINTEC (Al Binaa Holiday Intensive English Course) telah terlaksana. DARBIYAH & ALHINTEC adalah program unggulan dan istimewa berdurasi pendek selama 2 pekan  (15 Juni -27 Juni 2024). Program ini ditujukan untuk santriwati kelas 9 yang akan melanjutkan ke SMA IT AL BINAA PUTRI.  Program ini merupakan bagian yang berkesinambungan, tidak berdiri sendiri. Untuk meningkatkan efektivitas bahasa Arab dan bahasa Inggris, program ini di mulai sejak santriwati masuk kelas 7 dengan mempelajari semua komponen bahasa Arab dan Inggris yang diajarkan di pondok pesantren AL BINAA PUTRI. Dalam pembelajaran bahasa Arab, terdapat kitab utama yaitu : Kitab AL’AROBIYYATU BAYNA YADAIKA (ABY), serta pembelajaran Nahwu dan Shorof sebagai bidang studi tersendiri.

Sebagai pondok Pesantren yang menekankan pada visi dan misi “At Tafaqquh fid diin” (memahami agama), bahasa Arab menjadi keharusan dan menjadi poin keistimewaan dari setiap pondok pesantren. Inti dari pondok pesantren adalah membimbing santriwati untuk memahami agama secara benar melalui proses yang terstruktur

DARBIYAH & ALHINTEC sebagai program istimewa selama 2 pekan, mengintegrasikan visi Misi Al Binaa dengan melibatkan loyalitas para ustadzah dalam mendampingi santriwati kelas 9 di hari libur mereka. Libur bukanlah kesempatan untuk tidak beraktivitas, melainkan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Alhamdulillah Pembukaan DARBIYAH & ALHINTEC ini telah terlaksana pada hari sabtu tanggal  15 Juni 2024 sekaligus di mulainya Program Darbiyah. Tema Darbiyah Alhintec tahun 2024 adalah :

بِاللُّغَةِ تَنْكَشِفُ أَسْرَارُ الثَّقَافَةِ وَتَرْتَفِعُ الْحَضَارَةُ

Language Reveals the Secrets of Culture and Rises the Civilization (Dengan Bahasa, terungkapnya rahasia budaya dan membangkitkan  peradaban).

Program DARBIYAH & ALHINTEC  juga mempunyai visi Misi serta tujuan dan Target dari program tersebut.

Visi  Darbiyah Alhintec 2024 adalah :

“Terwujudnya Peradaban Islami melalui Bahasa”.

Sedangkan Misi Darbiyah Alhintec 2024 adalah :

  • Menjadikan Bahasa Arab dan Inggris sebagai pembuka wawasan.
  • Menjadikan santriwati cinta terhadap Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Tujuan Darbiyah Alhintec 2024 adalah :

  • Membentuk keberanian santri untuk berbicara dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris secara dialog ataupun monolog.

  • Menumbuhkan rasa cinta santriwati terhadap Bahasa Arab dan Inggris.
  • Menanamkan ke Santriwati bahwa Bahasa Arab dan Inggris itu Mudah.
  • Membuat Kegiatan yang Menyenangkan.

Target Darbiyah Alhintec 2024 adalah :

  • Santriwati dapat menguasai kosakata yang diperlukan sesuai materi yang diajarkan.
  • Santriwati dapat menguasai kaidah kaidah Bahasa Arab dan Inggris yang telah diajarkan.
  • Santriwati dapat mengambil kisah-kisah dalam Bahasa Arab dan Inggris serta mengambil pelajaran dan faidah dari kisah tersebut.
  • Santriwati dapat mempresentasikan percakapan mereka dalam Bahasa Arab dan Inggris.

Sistem pembelajaran DARBIYAH & ALHINTEC sangat berbeda dengan pembelajaran reguler, dengan 11 poin pembelajaran yang diajarkan melalui kegiatan yang inovatif dan menyenangkan. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan rasa cinta dan loyalitas ustadzah terhadap santriwati yang sudah sabar tetap belajar di hari liburan mereka, serta untuk mendorong mereka belajar secara mandiri dengan sukarela, senang, dan termotivasi. Alhamdulillah Program DARBIYAH & ALHINTEC ini sdh terlaksana. Dan ini adalah program-program nya sebagai berikut :

Program DARBIYAH (15 Juni 2024 – 20 Juni 2024) :

١. التعبير الشفوي
٢. التعبير التحريري
٣. فهم المسموع
٤. فهم المقروء
٥. القصص
٦. اللعبة اللغوية
٧. القواعد
٨. المفردات الصباحية
٩. الحوارات
١٠. المحفوظات
١١. عمل الطبخ

Program ALHINTEC (22 Juni 2024 – 26 Juni 2024) :

  1. Vocabulary Enrichment         
  2. Morning Conversation
  3. Speech  
  4. Storytelling
  5. Roleplay
  6. Group Discussion
  7. Listening
  8. Grammar
  9. Additional Lesson
  10. Practical Activity
  11. Expression  

Di Al Binaa Putri, bahasa dipraktikkan melalui kegiatan yang menyenangkan seperti memasak, yang dikenal dengan عمل الطبخ di mana santriwati berkomunikasi dan mempresentasikan kegiatan mereka dalam bahasa Arab dan Inggris. Selain itu, dalam bentuk cerita, santriwati mengekspresikan pemahaman mereka tentang kosakata dan ta’bir (ungkapan) dalam bahasa Arab dan Inggris.

Keseluruhan program ini dirancang untuk memperkuat nilai-nilai kealbinaan dan mengintegrasikan program ini dengan program lainnya, sehingga tidak dipandang sebagai entitas terpisah. Program DARBIYAH & ALHINTEC juga bertujuan untuk mengoptimalkan kreativitas santriwati dan mengembangkan bakat bahasa mereka secara lebih baik dan kokoh. Alhamdulillah di akhir Program DARBIYAH & ALHINTEC mengadakan ujian yang di laksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Juni 2024. Ujian program ini terdiri dari ujian Syafawiy (ujian lisan) dan ujian Tahririy (ujian tulis) sebagai tolok ukur bagi santriwati kelas 9 sejauh mana mereka memahami terhadap materi yang sudah diajarkan dalam program tersebut. Keesokan harinya penutupan Darbiyah Alhintec pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2024 terlaksana.

Akhiiron, terima kasih kami ucapkan kepada para ustadz dan  ustadzah Al Binaa Putri sebagai pembimbing bahasa Arab dan Inggris, crew Albinaa TV, petugas di Gedung Mustaqbal  dengan ucapan :  جزاكم الله خيرا كثيرا

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan bagi setiap program kegiatan yang Al Binaa laksanakan dan semoga segala upaya yang dikerahkan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan.

هذا وشكرا على متابعتكم

والحمد لله رب العالمين

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *