|

SPIRIT RAMADHAN Bersama اَلْـمُسَابَقَاتُ الرَّمَضَانِيَّةُ الشَّرْعِيَّةُ وَاللُّغَوِيَّةُ

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبع هداه أما بعد

AL BINAA PUTRI – Ramadhan dideklarasikan oleh Baginda yang mulia Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebagai Syahrun Mubarak, yang salah satu makna yang terkandung di dalamnya sebagai momen yang membawa segala kebaikan yang begitu penting dan sangat berarti di pesantren Al Binaa Putri, juga dijadikan sebagai bulan yang menginspirasi semua keluarga besar Al Binaa khususnya para santriwati di Al Binaa Putri.

Event yang disebut dengan Musabaqah Romadhoniyah Syariyyah wa Lughowiyyah (الْـمُسَابَقَاتُ الرَّمَضَانِيَّةُ الشَّرْعِيَّةُ وَاللُّغَوِيَّة) sebagai terobosan pengembangan ide Musabaqah Ramadhan yang sudah berjalan beberapa tahun lalu di Al Binaa Putri. Gagasan ide yang menginspirasi adalah sebuah keberkahan karena membawa banyak manfaat terutama karena perubahan dan penambahan nilai baik dalam perubahan nama kegiatan, item kegiatan, para peserta maupun durasi waktu yang singkat tapi sangat efisien dan efektif. Hanya dalam waktu empat hari dari hari Rabu tanggal 13 Maret 2024 sampai hari Sabtu tanggal 16 Maret 2024. Alhamdulillah  semua kegiatan Musabaqah Romadhoniyah Syariyyah wa Lughowiyyah bisa terlaksana dengan sangat baik,  mulai dari opening, seleksi, final hingga closing.

Acara yang sungguh  menampilkan suatu penampilan yang sangat menarik dan tidak kalah elegan untuk sebuah kegiatan Musabaqah Romadhoniyah yang sangat menginspirasi untuk para santriwati secara khusus dari kelas 7 sampai kelas 11  telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyalurkan semua talenta istimewa mereka di tambah totalitas para ustadz dan ustadzah 3 bahasa dalam membimbing kegiatan dan mensupport para peserta untuk berlomba dengan sportif dan penuh semangat di saat bersamaan mereka juga sedang shaum Ramadhan.

Sebagai terobosan baru dalam Musabaqah Romadhoniyah ini adalah di lombakannya kegiatan dengan menggunakan tiga bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris juga Hifdzul Quran. Desain lomba seperti ini memberi ruang yang sama kepada seluruh samtriwati dalam mengekpresikan kemampuan mereka, imaginasinya, improvisasinya dan insting kreasi juga bahasa rasa serta harapannya. Dan yang patut di syukuri tentunya adalah kolaborasi antara Jam’iyyatul Fatayaat sebagai Panitia Musabaqah Romadhoniyah dengan para ustadz dan ustadzah yang mengajar  bahasa  dalam mengawal Musabaqah Romadhoniyah ini baik sebagai juri, penanggung jawab atau yang lainnya. Sebagaimana sesuai dengan hadits di bawah ini :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ شِرَّةً وَلِكُلِّ شِرَّةٍ فَتْرَةً فَإِنْ كَانَ صَاحِبُهَا سَدَّدَ وَقَارَبَ فَارْجُوهُ وَإِنْ أُشِيرَ إِلَيْهِ بِالْأَصَابِعِ فَلَا تَعُدُّوهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Artinya : Dari Abu Hurairah  رضي الله عنه dari Nabi  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   beliau bersabda : “Sesungguhnya pada setiap sesuatu itu ada saat kesungguhannya dan setiap kesungguhan ada masa melemahnya, jika pelakunya senantiasa bersikap istiqomah dan mendekat, berharaplah dia bisa tetap (semangat), sebaliknya jika ia hanya ingin ditunjuk dengan jari (berbuat karena riya.) maka janganlah orang itu kalian anggap (tidak termasuk orang yang baik,.)”. Abu Isa berkata: Hadits ini hasan shahih gharib dari jalur sanad.

Artinya adalah semangat Musabaqah Romadhoniyah ini adalah semangat menjaga nilai Hadits, yaitu memaksimalkan segala potensi baik sebelum hal yang buruk datang.

Akhiiron, terima kasih kami ucapkan kepada para ustadz dan  ustadzah Bahasa Al Binaa Putri sebagai pembimbing JAMIILAH, pembimbing  ELC dan pembimbing KPBI  juga para ustadzah Al Quran beserta Jam’iyyatul Fatayaat selaku Panitia Musabaqah Romadhoniyah yang tidak bisa disebutkan satu persatu nama-namanya dan kami ucapkan dengan ucapan :

جزاكم الله خيرا كثيرا  وكتب الله لكم الحسنات في الدنيا و الأخرة

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan bagi setiap program kegiatan yang Al Binaa Putri  laksanakan dan semoga segala upaya yang dikerahkan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan.

هذا وشكرا على متابعتكم

والحمد لله رب العالمين

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *