|

KHIDMATUL MA’HAD ANGKATAN XI AL BINAA PUTRI

AL BINAA PUTRI – Khidmatul ma’had Al Binaa Putri adalah program tahunan untuk kelas 6 putri, di mana pada pogram ini mereka mendedikasikan diri mereka untuk ma’had. Khidmah sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti pengabdian. Program ini dilaksanakan dari tanggal 17—29 Februari 2024 dan terdiri dari serangkaian kegiatan berupa apel pagi, TO syar’i 3, melatih nasyath kelas 1, ‘amaliyyatuttadriis (belajar mengajar), jam pertama quran, sharing bersama kelas 6, dauroh janaiz, dauroh manasik, dan diakhiri dengan rihlah. Dan berikut adalah rincian dari setiap kegiatan.

  1. Menjadi petugas apel pekanan yang dilaksanakan pada tanggal 17 dan 24 februari 2024 merupakan rangkaian khidmatul ma’had yang bertujuan untuk melatih kedisiplinan, Kerjasama, komunikasi, dan kekompakan.
  2. TO Syari 3 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dan alumni Al Binaa yang menempuh pendidikan di LIPIA. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari Sabtu, 17 Februari 2024 sebagai sesi sharing dan Ahad, 18 Februari 2024 sebagai sesi try out. Pada sesi sharing, alumni menjelaskan profil LIPIA dan setiap jurusan yang tersedia (i’dad lughowy, syari’ah, lughoh, dan idary) dengan diselingi games sambung kata dan tebak kata dalam Bahasa Arab. Sesi try out dilaksanakan selama 1 jam 30 menit, dan ruang pengerjaan disesuaikan dengan jurusan yang telah dipilih oleh para santriwati. Jurusan i’dad lughowy diikuti oleh 83 santriwati, idary 47 santriwati, syari’ah 10 santriwati, dan lughoh 10 santriwati.
  3. Kegiatan nasyaath lughowiy as syahriy dari kelas 1 sejatinya dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024. Namun, 25 orang perwakilan kelas 6 mulai membimbing dalam mempersiapkan kegiatan tersebut sejak 3 pekan sebelumnya. 25 orang perwakilan kelas 6 dibagi menjadi beberapa bagian kepengurusan. Di antaranya bertanggung jawab dalam melatih drama, nasyeed, MC, tilawah, alkalimaatut tasyjii’iyyah (kalimat penyemangat), dan mufrodaat. Kegaiatan ini dilakukan rutin pada Jumat siang dan malam, serta pada hari lainnya hingga hari acara tiba.
  4. ‘Amaliyyatut tadriis merupakan salah satu dari serangkaian program khidmatul ma’had kelas XII Al Binaa Putri di mana para santriwati kelas XII melaksanakan praktek mengajar kelas 1, 2, dan 3 SD IT Al Binaa serta kelas 7 dan 8 SMP IT Al Binaa Putri. Praktek mengajar dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 25 februari 2024. Praktik mengajar melatih kemampuan santriwati dalam public speaking, kepercayaan diri, serta masih banyak lagi. Santriwati diharapkan dapat menjadi teladan dan mengamalkan ilmu yang telah mereka dapatkan selama enam tahun belajar di Al Binaa.
  5. Jam pertama al Qur’an merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh santriwati Al Binaa Putri di kelas masing-masing pada jam pelajaran pertama sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.00—07.30 dan didampingi oleh santriwati kelas 6. Dalam kegiatan ini, seluruh santriwati melakukan tilawah atau muroja’ah hafalan yang telah mereka punya.
  6. Sharing Bersama kelas 6 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk berbagi pengalaman Bersama santriwati kelas 1—5. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat 23 Februari 2024. Pada kegiatan ini santriwati kelas 1—5 disilakan untuk memberi pertanyaan pada santriwati kelas 6.
  7. Pada Senin (26/02) dilaksanakan salah satu program khidmatul ma’had kelas 6 Al Binaa Putri yaitu Dauroh Janaiz. Dauroh Janaiz dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan tentang tata cara pengurusan jenazah yang sesuai dengan tuntunan Agama Islam. Pengurusan jenazah itu sendiri dalam Islam hukumnya fardhu kifayah, artinya wajib dilakukan namun apabila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur. Dalam kegiatan ini, santriwati diajarkan bagaimana sebaiknya dalam pengurusan jenazah. Dilanjutkan dengan mengkafani hingga jenazah siap untuk dishalatkan kemudian di makamkan. Alhamdulillah santriwati kelas 6 Al Binaa putri mengikuti serangkaian pelatihan dengan baik, diharapkan dengan adanya program ini dapat memberikan ilmu yang bisa bermanfaat minimal untuk keluarga terdekat.
  8. Dauroh manasik haji dan umroh merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari khidmatul ma’had yang dilaksanakan oleh santriwati kelas 6 Al Binaa Putri. Kegiaatan ini dilaksanakn pada tanggal 27 Februari 2024. Dalam dauroh ini santriwati disuguhkan materi tentang pengenalan seputar pelaksanaan ibadah haji dan umroh beserta fiqh ibadahnya. Di akhir sesi dilaksanakan pula praktik ibadah mulai dari mengambil miqat hingga tahallul. Dauroh ini diharapkan dapat menjadi sarana menambah kecintaan dan motivasi para santriwati untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci.
  9. Rihlah Tarbawiyyah adalah salah satu program dari program-program khidmatul ma’had yang diikuti oleh santriwati kelas 6 angkatan 11. Rihlah Tarbawiyyah juga merupakan program penutup dari seluruh rangkaian khidmatul ma’had yang di dalamnya terdapat acara kebersamaan dengan para ustaz dan ustazah. Rihlah Tarbawiyyah ini dilaksanakan pada tanggal 28-29 Februari 2024 dan berlokasi di Villa Zamzam, Cisarua, Bogor. Rihlah Tarbayiyyah ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara santriwati dengan komponen-komponen pesantren.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *