|

النشاط اللغوي الأكبر

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن تبع هداه أما بعد

AL BINAA PUTRI – Dengan segala puji dan syukur kepada Allah Robbul Izzah, alhamdulillah satu program inti bahkan unggulan di Pesantren Al Binaa Putri yaitu Nasyath Allughowiy Akbar  ( اَلنَّشَاطُ اللُّغَوِيُّ الأَكْبَرُ) pada hari Selasa, 5 Maret 2024 M telah terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan visi misi Al Binaa, yaitu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh anggota JAMIILAH di bawah bimbingan pengajar bahasa Arab Al Binaa putri.   Kegiatan ini telah di sematkan 5 tahun lalu yg disebut dengan  JAMIILAH, kepanjangan dari Jami’yyah Muhibaat Allughotil Arabiyyah yang artinya Kelompok Pecinta Bahasa Arab, tempat semua aktifitas, kreatifitas dan kegiatan yang  semua nya berasas dari mula dan berakhir dalam suasana ber Bahasa Arab.

Demikian awal JAMIILAH diinisiasi oleh semua pengajar Bahasa Arab di Al Binaa Putri dengan memberikan pengalaman baru kepada semua santri putri dalam setiap angkatan kelasnya untuk menampilkan kemampuan dan ide mereka dalam kegiatan Nasyath yang diadakan setiap bulan bergiliran utk setiap angkatan dari kelas 7 sampai kelas 12.  Konsistensi, kesabaran, keseriusan dan keuletan dari para ustazah yang membimbing JAMIILAH menjadi satu ruh penyemangat yang selalu menjaga konsistensi JAMIILAH tetap eksis sampai hari ini, tentu setelah taufik dan karunia Allah ta’ala tentunya yang diberikan kepada mereka para ustazah bahasa Arab.

Awal JAMIILAH adalah kegiatan rutin dengan semangat berbahasa Arab baik dalam pengajaran di kelas maupun modifikasi di luar jam pelajaran dengan menggabungkan semua santrwari satu angkatan untuk menumbuhkan kebersamaan dan semangat yg sama. Rutinitas pekanan belajar satu angkatan  ini terus dijaga baik tingkat SMP dan SMA. Kemudian dengan semakin tumbuhnya semangat berbahasa Arab dari santriwati ditambah kegiatan rutin Nasyath bulanan maka lahirlah pemikiran dibuat sebuah wadah resmi dengan JAMIILAH. Wadah ini diinisiasi untuk memfasilitasi talenta, skill,  kecenderungan serta pengetahuan mereka dalam berbahasa Arab yang semakin berkembang dan dicintai para santriwati. Bisa dikatakan sampai hari ini salah satu program favorit santriwati adalah tampilnya mereka dalam Nasyath Lughoh berbahasa Arab setiap bulan untuk setiap angkatan nya. Apalagi ditambah dengan Nasyath Allughowiy Akbar yang diadakan satu tahun sekali sebagai puncak momentum kreatifitas, adu gagasan, ide dan penampilan setiap angkatan. Sekaligus juga diumumkan siapa yang berhak mendapat predikat Juara Umum yang disampaikan di acara tahunan tersebut. Alhamdulillah pada tahun ajaran ini Pemenang  Nasyath Allughowiy Akbar ( اَلنَّشَاطُ اللُّغَوِيُّ الأَكْبَرُ ) adalah KELAS 7 ANGKATAN 16.

JAMIILAH, telah menjadi icon, ajang sekaligus tempat bermimpinya para santriwati untuk merasakan suasana gegap gempita tampil di atas panggung Gedung Mustaqbal yang menjadi kebanggaan Pesantren Al Binaa, disaksikan oleh para ustad, ustazah, dan seluruh santriwati. Seluruhnya menyimak setiap kata yang terucap, setiap ta’bir yang tersusun dan apalagi lantuan indah suara nasyidnya santriwati Al Binaa Putri yang kadang mudir suka berlebihan mengatakan, kalau suara mereka lebih indah dari suara asal nasyidnya, karena mudir Al Binaa yaitu Ustaz Aslam Muhsin Abidin, Lc. sangat senang dengan segala antusias dan semangat para santriwati yang mampu melafadhkan bait-bait syair dari nasyid tersebut dengan  penghayatan dan pengucapan dengan nada-nada yang indah mengiringi setiap senandung nasyid tersebut.

JAMIILAH, kadang digambarkan dengan kegiatan Nasyat nya seperti ruang IMAJINASI bagi setiap santriwati dan angkatannya untuk mereka tampilkan segala hal-hal indah dalam alam bawah sadar mereka untuk menjadi nyata dalam setiap Nasyath yang selalu saja melahirkan ide, kreatifitas baru, baik dalam tema, narasi, dialog, kostum, improvisasi bahkan properti yang digunakan kadang bisa bikin haru atau bisa membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal. Maa Syaa Allah tabaarakallah.

JAMIILAH, terus  berkembang dan terus  mencatat apa yang harus dilakukan sehingga di tahun lalu berdasarkan kesepakatan dan untuk memfasilitasi talenta para santriwati dan kecenderungan mereka maka JAMIILAH tidak hanya untuk kegiatan bahasa Arab saja tapi juga Bahasa Inggris (ELC) dan Bahasa Indonesia (PBI)  

Akhiiron, terima kasih kami ucapkan kepada para Ustaz dan  ustazah Al Binaa Putri, pembimbing JAMIILAH, seluruh santriwati, krew Al Binaa TV, petugas di Gedung Mustaqbal, juga Majlis Idaroh  dengan ucapan :  جزاكم الله خيرا كثيرا.

Semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan bagi setiap program kegiatan yang Al Binaa laksanakan dan semoga segala upaya yang dikerahkan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan.

هذا وشكرا على متابعتكم

والحمد لله رب العالمين

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *